Sejarah Konferensi Meja Bundar Indonesia Belanda

0 252

Konferensi Meja BundarSejarah Konferensi Meja Bundar Indonesia Belanda - Sebagai negara yang memiliki sejarah penjajahan yang kaya untuk mencapai kemerdekaan, sulit untuk memisahkan Indonesia dengan Belanda. Setelah hampir 4 abad penjajahan, Indonesia akhirnya menjadi negara merdeka kembali di 1945.

Selama periode penjajahan, ada kejadian yang akhirnya menyebabkan Hari Kemerdekaan negara ini di Agustus 17 th  1945. Namun, bahkan setelah Indonesia menyatakan kemerdekaannya , masih ada peristiwa setelah kemerdekaan yang mencoba untuk gagal kemerdekaan Indonesia sebagai negara, salah satunya adalah Konferensi Meja Bundar Belanda-Indonesia.

Sejarah Konferensi Meja Bundar Indonesia Belanda

Konferensi Meja Bundar Belanda-Indonesia tetap menjadi peristiwa penting dalam sejarah Indonesia. Den Haag Belanda, merupakan tempat diselenggarakannya konferensi meja bundar yang berlangsung pada dari bulan Agustus tanggal 23 sampai bulan November tanggal 2 tahun 1949.

Dalam Belanda-Indonesia Konferensi Meja Bundar , ada perwakilan dari kedua negara ini. Selain itu, ada juga perwakilan dari BFO, yang mewakili beberapa negara yang dibangun oleh Belanda di tanah Indonesia.

Tentang Konferensi Meja Bundar Belanda-Indonesia

Adalah penting untuk mengetahui apa yang membuat konferensi ini terjadi sejak awal sebelum mengetahui apa yang terjadi ketika konferensi penting ini diadakan. Upaya Belanda untuk membuat kemerdekaan Indonesia gagal eksis menggunakan cara kekerasan berakhir dengan kegagalan. Dunia internasionallah yang membuat upaya itu gagal dengan mengutuk negara yang menjajah.

Setelah itu, melalui cara negosiasi Dewan Keamanan Perserikatan Bangsa-Bangsa menyerukan solusi damai antara kedua negara  pada bulan Januari tanggal 28 tahun 1949, Dengan demikian, Perjanjian Roem-van Roijen terjadi yang kemudian akan mengarah ke Konferensi Meja Bundar.

Setelah Perjanjian Roem-van Roijen, pada 11 Agustus th  1949, Indonesia membentuk kelompok perwakilan untuk menghadiri Konferensi Meja Bundar Belanda-Indonesia di Den Haag, Belanda. Wakil-wakil itu adalah beberapa bapak pendiri Indonesia dan wakil presiden sendiri. Wakil presiden Indonesia saat itu, Mohammad Hatta, ditunjuk sebagai pemimpin perwakilan ini. Selain Mohammad Hatta, di antara para perwakilan juga Mohammad Roem, Prof. Dr. Soepomo, dan Mr. Djuanda.

Singkat cerita, Konferensi Meja Bundar Belanda-Indonesia akhirnya diadakan. Adapun hasil konferensi, ada beberapa poin dari itu.

  1. Kedaulatan Indonesia harus sepenuhnya diakui oleh Belanda. Pada saat itu, Republik Indonesia masih disebut Republik Indonesia Serikat.
  2. Mengenai Provinsi Irian Barat, pengakuan kedaulatan provinsi itu harus dilakukan dalam waktu satu tahun setelah konferensi.
  3. Semua properti Belanda dari perusahaan Belanda di Indonesia saat ini harus dikembalikan ke pemerintah Belanda.
  4. Utang yang dikumpulkan selama era penjajahan dari tahun 1942 harus dibayar oleh Republik Indonesia Serikat tanpa bantuan dari Belanda.

Namun, kemerdekaan Indonesia tampaknya tidak sepenuhnya utuh karena Papua Barat belum diakui sebagai bagian dari Indonesia. Diketahui bahwa Belanda melakukan penguatan diri di Papua melalui berbagai tindakan. Tindakan-tindakan itu di bidang politik, ekonomi, dan tentu saja, militer. Kemudian pada pertengahan tahun 1952, Belanda melanggar hukum internasional yang sebelumnya disepakati dalam Konferensi Meja Bundar Belanda-Indonesia . Belanda mengambil wilayah Papua Barat ke wilayah mereka sendiri. Itu tanpa tindakan menginformasikan atau bernegosiasi dengan pemerintah Indonesia saat ini.

Itulah sebabnya pada tahun 1961, Soekarno, presiden Indonesia saat ini, melakukan sesuatu untuk merebut kembali Papua Barat. Presiden membentuk seperangkat perintah yang disebut Operasi Trikora. Operasi itu dilakukan dengan tiga tujuan utama: untuk mengalahkan negara boneka Papua Barat yang dibuat oleh Belanda, untuk menjaga bendera Indonesia tetap tinggi di tanah Papua Barat, dan untuk mempertahankan kemerdekaan bangsa.

Apabila Anda ingin lebih tahu lagi tentang konferensi meja bundar, bisa baca di kalimat ID juga. Semoga bermanfaat!

Category: Content Placement, PengetahuanTags:
author
Ivesort.com Sebuah Blog Portal Berbagai Informasi yang Anda Butuhkan. Selain itu Blog ini juga menyediakan layanan jasa berupa Jasa Review | Jasa Review Website | Jasa Review Blog | Jasa Review Produk | Content Placement Minat Menggunakan Jasa Blog Ivesort.com ? Silakan kontak melalui Email : lief.azafa@gmail.com | WA : 0855 464 70 800 | FB : Facebook.com/lief.azafa
    No Response

    Leave a reply "Sejarah Konferensi Meja Bundar Indonesia Belanda"