Manfaat Penerapan Manajemen SDM Berbasis Kompetensi

0 217

Manfaat Penerapan Manajemen SDM Berbasis KompetensiManfaat Penerapan Manajemen SDM Berbasis Kompetensi - Menetapkan target bagi setiap tim kerja dalam departemen Anda adalah cara yang bagus untuk melacak sejauh mana prestasi dan kinerja yang sudah dicapai. Apakah tim Anda sudah mencapai jumlah target penjualan? Apakah tim Anda sudah menghubungi 50 klien baru yang prospek?

Tetapi, Anda mungkin ingin tahu juga bagaimana tim Anda bisa mencapai target itu, bukan? Nah, di sinilah pentingnya penerapan manajemen SDM berbasis kompetensi. Anda bisa memetakan keterampilan atau skill karyawan untuk ditempatkan pada posisi yang tepat. Kemudian, Anda bisa melacak kemampuan atau kompetensi individu di masing – masing pos tersebut. Untuk lebih jelasnya, mari kita simak apa sebenarnya manfaat manajemen SDM berbasis kompetensi?

Manfaat Penerapan Manajemen SDM Berbasis Kompetensi

1. Mengukur kekuatan dan kelemahan tim kerja

Dengan compentency management system, Anda akan lebih mudah mengukur kompetensi yang dimiliki karyawan. Dapat dikatakan, Anda bisa melihat secara tepat di mana kekuatan atau kelemahan setiap individu dalam tim kerja.

Selanjutnya, Anda bisa menargetkan pengembangan skill seperti seminar, pelatihan atau pendidikan di bidang yang perlu ditingkatkan. Ketika ada karyawan yang mungkin kompetensinya masih di bawah standar karyawan lain, Anda bisa mengadakan program pelatihan untuk karyawan tersebut. Dengan begitu, dana yang dikeluarkan perusahaan tidak akan sia – sia dan lebih efektif.

2. Mengenali kekuatan karyawan

Pada dasarnya, compentency management system juga merupakan peluang bagi Anda menggali talenta – talenta terbaik di perusahaan Anda. Ketika Anda melihat ada karyawan berbakat dan berprestasi, berikan mereka reward dan pujian agar mereka lebih termotivasi dan bersemangat.

Bahkan, mungkin bisa menggunakan keterampilan karyawan ini untuk bekerja lebih produktif. Jadikan, kekuatan karyawan sebagai dorongan yang akan membuat karyawan merasa diapresiasi.

Baca Juga : 8 alasan kenapa perusahaan butuh competency mangement system

3. Menciptakan gambaran yang jelas tentang skill karyawan

Pemahaman yang baik dari kekuatan dan kelemahan karyawan akan sangat membantu meningkatkan mobilitas internal perusahaan. Katakan, misalnya Anda memiliki proyek baru yang harus diselesaikan. Anda membutuhkan beberapa karyawan untuk dibentuk dalam satu tim kerja yang solid. Nah, tidak perlu merekrut karyawan baru, karena orang yang Anda butuhkan kemungkinan sudah ada di depan mata. Yaitu, para karyawan Anda sendiri.

Mereka memiliki kompetensi masing – masing, dan bisa Anda mutasikan sesuai kebutuhan proyek.

4. Mendapatkan data – data baru

Anda bisa mendapatkan berbagai data – data baru untuk dipelajari dari compentency management system. Data ini bisa menjadi acuan untuk membandingkan kinerja tertinggi dengan skor kompetensi karyawan. Kemudian, fokuslah pada pengembangan karyawan dan merekrut calon kandidat profesional yang dibutuhkan jika masih ada yang perlu dibenahi.

Compentency management system hanyalah salah satu fitur bermanfaat yang bisa dilakukan oleh LinovHR. Selain Compentency management system linovhr juga memiliki berbagai fitur dan modul yang dapat memudahkan serta memaksimalkan kinerja HRD dalam menjalankan setiap tugasnya

Segera Melakukan trial gratis LinovHR untuk meningkatkan pengeloaan kompetensi karyawan di perusahaan Anda.

Category: Content Placement, PengetahuanTags:
author
Ivesort.com Sebuah Blog Portal Berbagai Informasi yang Anda Butuhkan. Selain itu Blog ini juga menyediakan layanan jasa berupa Jasa Review | Jasa Review Website | Jasa Review Blog | Jasa Review Produk | Content Placement Minat Menggunakan Jasa Blog Ivesort.com ? Silakan kontak melalui Email : lief.azafa@gmail.com | WA : 0855 464 70 800 | FB : Facebook.com/lief.azafa
    No Response

    Leave a reply "Manfaat Penerapan Manajemen SDM Berbasis Kompetensi"