Fase-Fase Menstruasi yang Harus Dipahami para Wanita

Fase-Fase MenstruasiFase-Fase Menstruasi yang Harus Dipahami para Wanita - Menstruasi terjadi pada wanita yang sedang mengalami pubertas. Meskipun menstruasi sudah dialami oleh banyak wanita, tapi belum banyak dari kita yang mengetahui fase-fase menstruasi, termasuk bagi Anda yang mengalami menstruasi tidak lancar. Berikut adalah..

Fase-Fase Menstruasi yang Harus Dipahami para Wanita

  • Fase Pendarahan.

Fase pertama yang dilalui adalah fase pendarahan yang biasanya berlangsung hingga hari ke-5 dari siklus menstruasi. Namun, hitungan ini tidak berlaku untuk menstruasi yang tidak teratur. Kondisi ini menyebabkan hormon progesteron menurun drastis, luruhnya lapisan rahim, darah keluar sekitar 10-80 ml dan terjadinya kram perut.

Masa ini membuat kondisi fisik melemah. Tidak heran jika wanita cenderung ingin beristirahat dan lemas pada masa ini. Meski demikian, tidak dianjurkan bagi Anda untuk tiduran saja di rumah, akan lebih baik jika tubuh digunakan untuk bergerak, seperti melihat pemandangan, berjalan di halaman atau aktivitas ringan lainnya.

  • Fase Folikular.

Fase selanjutnya adalah folikular akibat terlepasnya hormon FSH oleh kelenjar pituitari sehingga folikel dalam ovarium tumbuh matang atau dewasa. Fase inilah saat dimana Anda pertama menstruasi. Peristiwa yang terjadi pada fase ini adalah hormon estrogen dan testosteron meningkat, dorongan mood dan energi menjadi lebih besar.

  • Fase Ovulasi.

Inilah fase puncak dalam menstruasi. Pada fase ini, sel telur yang sudah matang dilepas dari folikel di ovarium menuju tuba fallopi dan akan bertahan 12-24 jam. Hormon estrogen dan testosteron akan mencapai puncak. Fase ini biasanya membuat para wanita lebih percaya diri dan mudah mengontrol pikiran serta perasaannya.

Gairah seks pun juga akan meningkat pada fase ini. Itulah mengapa pada masa inilah Anda dianjurkan untuk melakukan hubungan seksual apabila ingin segera mendapatkan momongan. Penebalan dinding rahim biasanya juga akan terjadi sebagai antisipasi apabila sel telur berhasil dibuahi.

  • Fase Luteal.

Pada fase ini, korpus luteum berupa bekas folikel setelah ditinggal sel telur pun terbentuk. Fase terakhir ini dimulai pada hari ke-15 dan berlangsung hingga akhir siklus haid. Apabila sel telur tidak dibuahi maka sel telur akan hancur hingga nanti akan dimulai dari fase pertama lagi.

Itulah tadi informasi mengenai fase-fase menstruasi dengan peristiwa yang terjadi pada fase tersebut. Dengan demikian, kita bisa memahami diri dengan lebih baik melalui fase tersebut.

Sumber Gambar : https://www.honestdocs.id/system/redactor2_assets/images/236/content_fase-mens-rev__1_.jpg
Category: Content Placement, Kesehatan, Pengetahuan, SosiagoTags:
author
Ivesort.com Sebuah Blog Portal Berbagai Informasi yang Anda Butuhkan. Selain itu Blog ini juga menyediakan layanan jasa berupa Jasa Review | Jasa Review Website | Jasa Review Blog | Jasa Review Produk | Content Placement Minat Menggunakan Jasa Blog Ivesort.com ? Silakan kontak melalui Email : lief.azafa@gmail.com | WA : 0855 464 70 800 | FB : Facebook.com/lief.azafa
    No Response

    Leave a reply "Fase-Fase Menstruasi yang Harus Dipahami para Wanita"