Cara Pemupukan Tanaman Padi yang Tepat

0 144

Cara Pemupukan Tanaman PadiCara Pemupukan Tanaman Padi yang Tepat - Memupuk tanaman padi memang seperti hal yang sepele. Namun banyak petani pemula yang akhirnya gagal panen disebabkan karena pemupukan yang salah sehingga hanya kerugian yang didapatkan.

Cara Pemupukan Tanaman Padi yang Tepat

Pemupukan yang berlebihan tentunya berimbas pada peningkatan risiko rebah dan serangan hama. Sedangkan penggunaan pupuk yang kurang menyebabkan tanaman kerdil dan hasilnya kurang bagus.

Maka dari itulah disini saya ingin mencoba mengulas beberapa cara pemupukan pada tanaman padi yang tepat.

Teknik Pemupukan Padi yang Tepat

Berikut ini beberapa teknik pemupukan padi yang sesuai dengan standar yang telah ditetapkan. Simak baik-baik.

1. Waktu dan Interval Pemupukan

Bagaimanapun memilih waktu yang tepat sangatlah penting. Bila tanaman terlambat 2 minggu saja dalam pemberian pupuk akan mengakibatkan pertumbuh kembangan terganggu.

Berikut beberapa macam waktu dan interval pemupukan yang tepat yang bisa anda coba.

  1. Masa sebelum tanam: beri pupuk kandang atau petroganik yang sudah siap tabur. Semakin banyak maka semakin bagus, tidak ada dosis tersendiri untuk pupuk organik.
  2. Masa 7 hari setelah tanam: Gunakan pupuk kimia urea 40% dan sisanya gunakan Phonska 60%. Bisa tambahkan insektisida furadan dan herbisida selektif pada masa ini.
  3. Masa 20 hari setelah tanam: Pupuk dengan urea 100%, jika ada yang berbentuk tablet dengan dibenamkan di samping tiap tanaman lebih bagus.
  4. Masa 40 hari setelah tanam: Jika tanaman kurang pertumbuhannya, bisa ditambahkan phonska. Jika sudah bagus bisa gunakan hormon atau pupuk cair semprot saja.

2. Penyesuaian dengan Jenis Tanaman

Tanaman yang berumur pendek yang hanya 70 harian seperti padi trisakti tentunya membutuhkan waktu pemberian yang lebih cepat. Misal dari yang sebelumnya 40 hari, bisa diberikan di usia 30 hari.

Maka dari itu, perhatikan dengan baik jenis padi apa yang ingin kalian tanam agar menyesuaikan dengan pemupukan yang kita gunakan.

3. Perhatikan Teknik Tanam

Ada beberapa jenis model teknik tanam yang kita tahu. Yang populer adalah SRI dan Jajar legowo. Misalnya anda menggunakan teknik jajar legowo 2:1 tentunya berbeda pemberian dosisnya dibandingkan dengan teknik jajar legowo 6:1.

Beberapa jenis tanaman tertentu seperti padi cl220 yang lebih cocok ditanam dengan teknik SRI tentunya bisa menggunakan pemupukan sedini mungkin dengan dosis sedang.

Jadi pemupukan pada tanaman padi merupakan hal penting. Bila tidak memperhatikan berbagai hal detail mulai dari yang terkecil tentunya hasilnya akan kurang bagus.

Category: Pengetahuan, Penulis Tamu, PertanianTags:
author
Ivesort.com Sebuah Blog Portal Berbagai Informasi yang Anda Butuhkan. Selain itu Blog ini juga menyediakan layanan jasa berupa Jasa Review | Jasa Review Website | Jasa Review Blog | Jasa Review Produk | Content Placement Minat Menggunakan Jasa Blog Ivesort.com ? Silakan kontak melalui Email : lief.azafa@gmail.com | WA : 0855 464 70 800 | FB : Facebook.com/lief.azafa
    No Response

    Leave a reply "Cara Pemupukan Tanaman Padi yang Tepat"