Cara Mengatasi Rambut Rontok Berlebihan

0 196

Cara Mengatasi Rambut Rontok BerlebihanCara Mengatasi Rambut Rontok Berlebihan - Kesal dan risih ya kalau kalian melihat rontokan rambut di bantal saat bangun tidur atau setelah mandi handuk kalian tercecer berhelai-helai rambut. Sebagian dari kalian mungkin pernah mengalami hal seperti itu. Rambut rontok dengan 50 sampai 100 helai perhari masih dianggap normal dan masih wajar. Apabila lebih dari itu maka sudah dianggap dengan kerontokan yang parah. Kerontokan yang berlebihan juga menimbulkan pertanyaan apakah kerontokan tersebut awal dari tanda kebotakan atau disebabkan oleh penyakit tertentu.

Rambut merupakan mahkota alami yang diberikan Tuhan kepada kita. Tidak heran jika banyak orang yang mengidamkan rambut yang indah, sehat dan kuat. Bentuk helainnya sangat tipis namun rambut memiliki banyak fungsi yang sangat berguna bagi tubuh manusia. Pada hakikatnya rambut dapat tumbuh di seluruh tubuh manusia akan tetapi pada bagian tertentu yang tumbuh lebat dan kelihatan. Yang paling umum adalah tumbuhnya rambut pada bagian kepala, pada mata (alis), pada hidung, kumis, Janggut, bulu dada, perut, pada ketiak, Pada Tangan dan Kaki serta Pada Kemaluan. Fungsi dari rambut-rambut tersebut tentunya berbeda satu sama lain.

Bagi wanita rambut di kepala merupakan mahkota yang sangat indah. Kerontokan akan menjadi masalah bagi wanita karena akan mengganggu kepercayaan diri mereka. Ada baiknya jika mengetahui lebih dini penyebab rambut yang mengalami kerontokan dan cara untuk mengatasinya agar tidak terjadi yang tidak diinginkan.

Kerontokan rambut akan menampakkan beberapa gejala, antara lain:

  • Rambut mulai berjatuhan
  • Penipisan Rambut (sebelumnya lebat)
  • Terdapat pitak atau lingkaran tempat rambut rontok
  • Banyak rambut yang rontok ketika mandi dan menyisir
  • Rambut mudah berjatuhan hanya dengan mengusap kepala
  • Banyak rambut rontok di bantal setelah bangun tidur
  • Banyak rambut rontok di handuk setelah mandi dan keramas.

Penyebab kerontokan rambut.

Keturunan atau DNA

Apabila memiliki ayah atau kakek yang juga mengalami kebotakan maka kemungkinan besar akan diturunkan kepada anak lelakinya.

Perubahan Hormon

Beberapa hormon dapat menyebabkan rambut rontok, yaitu Hormon Alopesia Androgenetik, Hormon Dihydro Testosterone (DHT), dan Hormon Alopesia Areata. Rambut rontok yang terjadi karena gangguan hormon Alopesia Androgenetik merupakan penyebab kebotakan yang paling banyak kasus. Kebotakan yang disebabkan karena hormon ini bisa dikatakan sebagai salah satu penyakit keturunan yang disebabkan oleh peningkatan sensitivitas genetik dari folikel rambut terhadap dihydrotestosterone (DHT).

Sedangkan Hormon Alopesia Areata adalah gangguan hormon yang di sebabkan oleh panyakit autoimun. Kondisi ini umumnya terjadi saat remaja atau menjelang dewasa muda. Namun kondisi ini tidak terjadi secara permanen dan akan tumbuh setelah kurang lebih satu tahun. Selain itu penyebab kerontokan pada wanita pada saat memasuki masa monopouse, masa kehamilan serta penggunaan alat kontrasepsi.

Kehamilan

Keringnya kepala akan menjadi penyebab kerontokan rambut. Di saat masa kehamilan wanita sering mengalami dehidrasi , kelelahan dan tidak seimbangnya hormonal. Hal tersbut akan menyebabkan folikel rambut kering dan sensitive. Semasa kehamilan alangkah baiknya melakukan perawatan sederhana pada rambut dengan pemberian nutrisi rambut. Selain itu minumlah air putih yang cukup sesuai kebutuhan.

Ketidakseimbangan Hormon

Orang yang stress juga akan mengalami kondisi ketidakseimbangan hormon dan akan mengakibatkan kerontokan rambut. Salah satu contoh yang lain adalah ketidakseimbangan hormon kelenjar tiroid.

Infeksi Kulit Kepala

Infeksi pada kulit kepala dapat melemahkan akar rambut sehingga menyebabkan rambut rontok, patah dan penipisan jumlah rambut. Infeksi tersebut bisa terjadi karena jamur dan bakteri. Misalnya psoriasis, seborrhea dermatitis dan lain sebagainya. Untuk mengatasinya anda harus berkonsultasi ke dokter spesialis kulit. Gunakanlah handuk atau sisir pribadi untuk mencegah penularan penyakit tersebut.

Penataan Rambut

Penataan yang terlalu sering dan menggunakan bahan kimia juga akan melemahkan akar rambut. Misalnya keramas yang berlebihan, terlalu sering mengecat dan ganti warna, menggunakan hairdryer serta menggunakan alat catok rambut. Solusinya adalah mengurangi penggunaan bahan kimia dan alat catok. Gunakanlah hair dryer secukupnya jangan sampai rambut terlalu kering.

Kekurangan Nutrisi

Tentunya rambut memerlukan nutrisi untuk pertumbuhan dan menjaga agar rambut tetap sehat dan kuat. Kekurangan nutrisi mengakibatkan kulit kepala menjadi terlalu kering. Untuk mengatasinya gunakan nutrisi rambut secara rutin yang sekarang ini sudah banyak tersedia di toko atau supermarket. Makanlah makanan yang cukup protein, serat dan vitamin.

Category: Kecantikan, Pengetahuan, Vira IDTags:
author
Ivesort.com Sebuah Blog Portal Berbagai Informasi yang Anda Butuhkan. Selain itu Blog ini juga menyediakan layanan jasa berupa Jasa Review | Jasa Review Website | Jasa Review Blog | Jasa Review Produk | Content Placement Minat Menggunakan Jasa Blog Ivesort.com ? Silakan kontak melalui Email : lief.azafa@gmail.com | WA : 0855 464 70 800 | FB : Facebook.com/lief.azafa
    No Response

    Leave a reply "Cara Mengatasi Rambut Rontok Berlebihan"