7 Jenis Plastik dan Tingkat Bahaya yang ditimbulkan

Jenis Plastik7 Jenis Plastik dan Tingkat Bahaya yang ditimbulkan - Jenis Plastik sangat beragam dan banyak tersebar di sekitar lingkungan kamu. Hal ini tentu saja sangat berhubungan dengan budaya konsumtif yang sudah menjadi kebiasaan masyarakat di sekitar kita. Hampir setiap hari pasti kamu akan melihat plastik, bagaimana tidak?, Jika kamu belanja sekali saja ke Indomaret, dan membeli makanan serta minuman disana, coba kamu hitung berapa jumlah plastik yang kamu beli dalam makanan tersebut? Mulai minuman yang dikemas dengan botol plastik, hingga setiap makanan yang kamu beli pasti dibungkus oleh plastik. Setelah itu, ketika kamu sudah membeli beberapa makanan dan minuman, kemudian si mbak kasir indomaret yang cantik itu akan memberikan plastik kresek lagi. Tuh banyak kan?

Tapi bukan cuma kamu aja loh. Hampir semua orang pasti setiap hari seperti itu. Belum lagi ketika kamu beli kopi dan nongkrong di Mall, setiap minuman yang disajikan pasti menggunakan gelas plastik. Dalam dicermati, tingkat plastik yang digunakan banyak sekali ya?

Kebiasaan buruk tersebut memang tidak bisa secara langsung diubah, melainkan harus di mulai dari kita sendiri, semoga dengan tahu tentang pengertian lebih tentang apa itu Jenis Plastik, Bahaya Plastik, serta kegunaannya kita bisa sadar akan dampak yang ditimbulkan oleh plastik. Berikut

7 Jenis Plastik dan Tingkat Bahaya yang ditimbulkan

  • Jenis Plastik PET atau PETE (polyethylene terephthalate)

Plastik jenis ini berwarna bening, dan biasa digunakan untuk dijadikan sebagai botol air mineral atau jus. Jenis plastik ini lebih baik hanya digunakan satu kali saja dan jangan memasukan air panas kedalamnya. Jika begitu permukaan plastik akan sudah rusak atau terdapat baretan, sebaiknya kamu tidak meminum air di dalamnya.

Jenis plastik ini biasa digunakan untuk botol air mineral, jus, softdrink, atau kecap. Untuk tingkat bahaya dan kesulitan terurai jenis plastik ini dikategorikan “Sedang”

  • Jenis Plastik HDPE (high destiny polyethylene)

Jenis plastik HDPE berwarna putih, Sama seperti jenis PET atau PETE, plastik dengan kode ini juga dianjurkan untuk tidak digunakan berulang kali. HDPE biasanya digunakan untuk botol susu, kosmetik, shampo, dan tas kresek. Untuk tingkat bahaya dan kesulitan terurai dikategorikan “Sedang”

  • Jenis Plastik V atau PVC (polyvinyl chloride)

Jenis plastik V atau PVC ini sering digunakan untuk mainan, ember, dan sebagainya. Kandungan dari PVC sendiri yaitu DEHA yang terdapat pada plastik pembungkus dan dapat bocor dan bisa masuk ke dalam makanan berminyak jika dipanaskan, jadi jangan sekali-kali untuk memanaskan makanan yang tertutup oleh plastik jenis ini. PVC sangat berbahaya dan sangat berpotensi untuk merusak ginjal, hati, dan berat badan.

Jenis plastik PVC memiliki tingkat bahaya dan kesulitan terurai dikategorikan “Tinggi”

  • Jenis Plastik LDPE ( Low density polyethylene)

Plastik jenis LDPE biasa digunakan untuk dijadikan barang yang memerlukan fleksibilitas namun tetap kuat. Plastik jenis ini biasanya sulit dihancurkan namun aman untuk menyimpan makanan (food grade)

LDPE biasanya digunakan untuk membungkus makanan, dan dry cleaning bag, untuk tingkat bahaya “Rendah” dan memiliki kesulitan terurai “Sedang”

  • Jenis Plastik PP (polypropylene)

Jenis plastik ini merupakan yang terbaik jika digunakan untuk menyimpan makanan, terutama untuk botol dan minuman. Disarankan untuk mencari simbol PP jika kamu membeli barang-barang plastik untuk makanan.

Jenis ini sering digunakan untuk botol bayi, botol obat sedotan, dan tempat margarin, sedangkan untuk bahaya dan kesulitan terurai dikategorikan “Rendah”

  • Jenis Plastik PS (polystyrene)

Jenis PS biasanya digunakan sebagai bahan dasar dari styrofoam, tempat minum sekali pakai dll. Bahan Polystyrene ini bisa membocorkan bahan styrine ke dalam makanan.

Tempat makan styrofoam ini menghasilkan polusi saat diproduksi sehingga tingkat bahaya yang dihasilkan “Tinggi”. Selain itu, plastik jenis ini juga merupakan sumber sampai karena hanya bisa digunakan sekali pakai, dan tidak dapat terurai dengan tanah. Selain itu juga dapat mengeluarkan gas beracun jika dibakar.

  • Jenis Plastik Other (biasanya polycarbonate)

Jenis ini biasanya digunakan pada tempat makanan atau minuman. Polycarbonat terdiri dari bahan Bisphenol-A ke dalam makanan dan minuman yang berpotensi merusak sistem hormon pada tubuh. Jadi kamu harus sebisa mungkin menghindari bahan plastik ini.

Jenis ini biasa digunakan untuk tumblr botol minuman, tas oven, atau packaging. Nah untuk tingkat bahaya dan kesulitan terurai dikategorikan “Tinggi”

Semoga bermanfaat artikel mengenai berbagai macam Jenis Plastik

Category: Pengetahuan, Vira IDTags:
author
Ivesort.com Sebuah Blog Portal Berbagai Informasi yang Anda Butuhkan. Selain itu Blog ini juga menyediakan layanan jasa berupa Jasa Review | Jasa Review Website | Jasa Review Blog | Jasa Review Produk | Content Placement Minat Menggunakan Jasa Blog Ivesort.com ? Silakan kontak melalui Email : lief.azafa@gmail.com | WA : 0855 464 70 800 | FB : Facebook.com/lief.azafa
    No Response

    Leave a reply "7 Jenis Plastik dan Tingkat Bahaya yang ditimbulkan"