5 Unsur Komunikasi Efektif dengan Blog

0 207

5 Unsur Komunikasi Efektif dengan Blog5 Unsur Komunikasi Efektif  dengan Blog - Tulisan di blog, website, jejaring sosial, atau apapun yang ada di internet pada dasarnya merupakan bentuk lain dari cara berkomunikasi kita dari dunia nyata. Bedanya, kalau di dunia maya biasanya kita lebih menggunakan cara-cara verbal, lebih banyak yang menggunakan tulisan daripada gambar, desain, dan sebagainya. Namun bagaimanapun bentuknya, haruslah seefektif (atau malah lebih baik dari) cara berkomunikasi kita di dunia nyata. Ada 5 unsur yang bisa menjadikan tulisan blog kita terasa berbicara secara pribadi kepada pembaca. Berikut..

5 Unsur Komunikasi Efektif dengan Blog

1. Ide dan Informasi

Ide yang merupakan dasar informasi yang akan kita sampaikan bisa didapat dari mana saja—dari membaca tulisan-tulisan orang lain, tulisan-tulisan kita sebelumnya, mengamati hal-hal kecil di sekitar kita, bahkan bisa muncul secara tiba-tiba di pikiran kita. Pokoknya catat apapun ide bagus yang terlintas di kepala, seberapa simpel pun itu. Pasti kalian sering mendengar bahwa ide itu datang tiba-tiba dan cepat pergi, maka alangkah baiknya jika kita menangkapnya segera.

Dari ide menjadi kerangka informasi. Pikirkan apa yang bisa disampaikan dari ide itu dan berguna bagi pembaca. Catat semuanya dalam bentuk daftar sebelum dikembangkan dalam bentuk paragraf.

2. Judul dan Headline

Judul yang bagus bisa menjadi semacam ‘magnet’ bagi pembaca untuk lebih tertarik menyelami tulisan kita. Judul yang menarik biasanya datang dari ide yang menarik. Jadi cara mudah membuat judul menuliskan ide tersebut ke dalam kata-kata yang menarik, singkat, dan jelas. Misal kita punya ide tentang bagaimana membuat tulisan kita menjadi lebih menarik dibaca, anda bisa menuliskan judul seperti “Tips & Trik Menulis Agar Tulisan di Blog Anda Lebih Mempesona”.

Jangan lupa buat section khusus untuk artikel-artikel headline di theme blog, di tempat yang jelas terlihat seperti bagian tengah atas. Tujuannya untuk meng-highlight artikel-artikel pilihan anda.

3. Gambar

Sebuah gambar mewakili ribuan kata. Pilih gambar yang deskriptif yang memvisualisasi ide postingan anda. Bagaimana memilih gambar yang baik?

4. Story telling

Aha! Kita telah sampai pada poin yang menjadi senjata terampuh para pro-blogger seperti Darren Rowse dalam membangun kualitas artikelnya. Menjadi story teller di blog sangat jauh lebih mudah dibandingkan story teller di dunia nyata, karena kita tidak perlu mikir soal bahasa tubuh, intonasi, ekspresi, dan sebagainya, cukup kalimat-kalimat indah yang bisa membuat pembaca hanyut dengan tulisan anda.

Sumber cerita bisa diperoleh dari pengalaman pribadi, orang lain, atau hanya dari pengamatan saja. Cerita yang menarik biasanya yang bisa memunculkan imajinasi pembaca, memicu emosi dan semangat, akan terus diingat orang, dan tentu saja menarik perhatian.

Yang perlu anda ketahui, gunakan story telling hanya sebagai background / abstrak dari ide atau konsep tulisan anda. Ide postingan tetaplah berupa solusi, kesimpulan dari pengalaman atau peristiwa yang berguna buat pembaca. Jangan jadi penulis blog yang terus-menerus menulis hanya tentang diri sendiri.

5. Be personal!

Setiap orang punya gaya sendiri dalam berkomunikasi, termasuk menulis. Sebagai blogger, tambahkan sedikit personal voice di artikel yang anda tulis apapun artikelnya. Gunakan bahasa pribadi, ceritakan pengalaman pribadi yang berhubungan dengan topik yang anda tulis. Dengan itu anda akan punya ciri khas tersendiri dan pembaca lama-lama akan terbiasa dan mudah mengenali anda, dan menaruh respect dan kepercayaan terhadap kualitas dan style menulis anda.

Selamat mencoba!

Category: Blogger, PengetahuanTags:
author
Ivesort.com Sebuah Blog Portal Berbagai Informasi yang Anda Butuhkan. Selain itu Blog ini juga menyediakan layanan jasa berupa Jasa Review | Jasa Review Website | Jasa Review Blog | Jasa Review Produk | Content Placement Minat Menggunakan Jasa Blog Ivesort.com ? Silakan kontak melalui Email : lief.azafa@gmail.com | WA : 0855 464 70 800 | FB : Facebook.com/lief.azafa
    No Response

    Leave a reply "5 Unsur Komunikasi Efektif dengan Blog"