5 Alasan Utama Kadin Indonesia Dukung Penuh Sektor UMKM

Kadin Indonesia5 Alasan Utama Kadin Indonesia Dukung Penuh Sektor UMKM - Saat gejolak ekonomi menerpa Indonesia pada tahun 1998 dan 2008, sektor UMKM adalah yang paling resisten terhadap dampaknya. UMKM terbukti memiliki pertahanan yang lebih baik menghadapi resesi global dibandingkan industri besar. Pada perkembangannya membuat Kadin Indonesia menaruh perhatian yang lebih besar untuk sektor ini.

Aspek-Aspek yang Membuat Kadin Indonesia Memprioritaskan UMKM

Dilihat dari skala industri, UMKM (Usaha Mikro Kecil Menengah) atau UKM (Usaha Kecil Menengah) tentu saja seperti namanya, tidak begitu signifikan. Namun jika persentase ini disatukan dari seluruh Indonesia, maka angka ini kemudian menjadi dominan. Dan dominansi ini merupakan interpretasi yang jelas mengenai kondisi ekonomi masyarakat Indonesia.

Kamar Dagang Indonesia sebagai salah satu lembaga yang membawahi perniagaan dan bisnis di tanah air memandang perlu untuk memberi support terbaik bagi pertumbuhan UMKM. Pada tingkat menengah ke bawah, UKM atau UMKM adalah urat nadi perekonomian masyarakat yang membuat pasar tetap beraktivitas. Kontribusi UMKM terhadap kesejahteraan masyarakat sangat besar.

Lantas apa saja alasan KADIN menaruh perhatian yang ekstra terhadap sektor UMKM? Berikut adalah lima alasan utamanya.

  • Penyerapan Lapangan Kerja

UKM seringkali menjangkau sisi kehidupan masyarakat yang paling bawah sekali pun. Kebutuhan tenaga sektor industri kecil memiliki keragaman basis keterampilan yang sangat kompleks dan kaya. Pada beberapa bidang, sektor ini justru sama sekali tidak memprioritaskan pentingnya ijazah pendidikan sebagai syarat untuk bekerja.

Ini tentu saja sangat menarik, karena kita tahu ada banyak di pelosok negeri ini yang memiliki keterbatasan pada akses pendidikan. Dengan hadir dan tumbuhnya UKM secara merata, mereka setidaknya memiliki peluang yang sama untuk bekerja dan berkarya.

  • Fleksibilitas

Hal kedua yang menjadikan sektor Usaha Kecil Menengah mendapat perhatian besar adalah usaha dalam skala ini yang sangat fleksibel. Dengan ukuran kapital yang tidak begitu besar, usaha jenis UMKM memiliki gerakan yang lebih merdeka untuk mengikuti perkembangan arus ekonomi. Dalam bahasan yang lebih lauh, hal ini erat pula kaitannya dengan inovasi ekonomi.

  • Tahan Terhadap Guncangan

Pada tahap yang paling sederhana, UKM atau UMKM seringkali beroperasi pada bidang yang paling pokok dalam rantai kebutuhan masyarakat. Secara tidak langsung karena sifatnya yang merupakan kebutuhan pokok, UKM tetap dapat bertahan meskipun dunia sedang terpuruk melawan krisis moneter atau krisis perekonomian lainnya.

Resistansi UKM terhadap gelombang ekonomi global ini membuat Indonesia tetap dapat bertahan ketika negara lain collapse melawan resesi. Meskipun pertumbuhan ekonomi tetap stagnan pada saat yang sama, namun kemampuan bertahan menghadapi krisis adalah kelebihan UMKM yang sangat signifikan.

  • Biaya Operasional yang Rendah

Dibandingkan sektor industri besar yang membutuhkan tingkat permodalan yang besar pula, UKM jelas membutuhkan modal yang lebih sedikit. Operasional yang rendah ini membuat UKM dapat berkembang di masyarakat secara lebih luas.

Dengan mendorong kebijakan pemerintah untuk mempermudah akses modal bagi UMKM, sektor ini dapat tumbuh dengan cepat dan dalam waktu yang lebih singkat.

  • Kebebasan dan Inovasi

Alasan terakhir yang membuat UMKM layak mendapat dukungan penuh dari Kamar Dagang Indonesia adalah karena sektor ini memiliki ruang independensi dan inovasi yang besar. Independen misalnya membuat UKM tidak melulu harus berpatok pada berbagai aturan untuk penetapan harga, kebijakan produksi dan semacamnya.

Sementara pada sisi yang lebih aktual, UKM juga kemudian dapat dengan mudah berinovasi menyesuaikan kebutuhan. Kemajuan industri kreatif berbasis digital pada skala kecil dan menengah adalah contoh nyata untuk alasan yang terakhir ini.

Dengan berbagai keunggulan UMKM dalam pertumbuhan ekonomi Indonesia ini, tak heran memang jika Kadin Indonesia sebagai bagian utama dari penentu kebijakan bisnis nasional sangat memprioritaskannya. Dengan dukungan yang diberikan itu, diharapkan sektor ini terus berkembang dan menjadi penopang utama menuju kemakmuran masyarakat.

Sumber Gambar »» https://indonesiainside.id/ekonomi/2019/05/16/umkm-bisa-jadi-tulang-punggung-investasi-kalau-tak-dipolitisasi
Category: Content Placement, Pengetahuan, WirausahaTags:
author
Ivesort.com Sebuah Blog Portal Berbagai Informasi yang Anda Butuhkan. Selain itu Blog ini juga menyediakan layanan jasa berupa Jasa Review | Jasa Review Website | Jasa Review Blog | Jasa Review Produk | Content Placement Minat Menggunakan Jasa Blog Ivesort.com ? Silakan kontak melalui Email : lief.azafa@gmail.com | WA : 0855 464 70 800 | FB : Facebook.com/lief.azafa
    No Response

    Leave a reply "5 Alasan Utama Kadin Indonesia Dukung Penuh Sektor UMKM"