4 Cara Memasang Fitting Pipa yang Benar Agar Tidak Mudah Bocor

Cara Memasang Fitting Pipa4 Cara Memasang Fitting Pipa yang Benar Agar Tidak Mudah Bocor - Fitting pipa merupakan satu bagian penting dalam pemasangan instalasi air. Yang mana jika pemasangannya tidak dilakukan dengan benar, maka dapat menimbulkan berbagai macam masalah mulai dari kerusakan hingga kebocoran pipa. Hal ini tentu akan sangat mengganggu bahkan merepotkan karena Anda harus bongkar pasang pipa untuk dapat memperbaikinya. Untuk itu, pastikan Anda memasangnya dengan benar.

4 Cara Memasang Fitting Pipa yang Benar Agar Tidak Mudah Bocor

Nah, bagi Anda yang ingin memasang pipa tapi tidak tahu bagaimana cara yang benar. Berikut ini beberapa tahapan pemasangan fitting atau penyambungan pipa yang bisa Anda terapkan agar tidak terjadi kebocoran:

  • Persiapkan Alat-Alat yang Dibutuhkan

Sebelum melakukan proses pemasangan, langkah pertama yang harus dilakukan adalah menyiapkan semua peralatan yang akan digunakan. Peralatan-peralatan yang perlu disiapkan tersebut antara lain adalah ampelas, pipa paralon rucika, fitting, lem pipa dan kain bersih.

  • Ampelas Ujung Pipa

Lakukan pengamplasan pada ujung pipa yang akan disambung supaya kotoran yang menempel pada bagian tersebut menghilang. Pengamplasan pipa ini juga bertujuan agar ujung pipa menjadi lebih kasar dan kesat sehingga fitting pipa akan kencang saat disambungkan. Namun perlu diingat, untuk pipa ukuran kecil maka sebaiknya jangan lakukan pengampelasan terlalu lama.

  • Bersihkan Bekas Ampelas

Setelah pengampelasan selesai, maka selanjutnya bersihkan ujung pipa dan juga bagian dalam sambungan. Bersihkan dengan menggunakan lap atau kain bersih agar debu sisa pengampelasan dapat hilang. Pastikan pembersihan dilakukan hingga sisa bekas pengamplasan benar-benar bersih.

  • Rekatkan dengan Lem

Secara umum, pemasangan fitting untuk pipa PVC akan menggunakan lem untuk menyambungkan bagian pipa. Caranya, oleskan lem pada ujung pipa bagian atas yang ingin disambungkan dan juga di bagian dalam sambungan pipa. Kemudian segera rekatkan kedua pipa tersebut sambil di tekan sekeras mungkin ke dalam sambungan hingga benar-benar masuk agar bisa menempel sempurna.

Pastikan sambungan pipa tersebut menempel dengan kuat supaya tidak terjadi kebocoran. Serta jangan lupa pilihlah lem dengan kualitas baik untuk digunakan, yang terbukti kuat dan tahan lama agar sambungan menempel kuat.

Itulah cara pemasangan fitting pipa yang benar yang bisa Anda ikuti untuk menghindari kebocoran. Namun apabila sudah terlanjur terjadi kebocoran, maka sambungan yang rusak atau patah sebaiknya segera diperbaiki agar tidak menimbulkan kerusakan yang lainnya. Selain itu, pastikan juga Anda memilih material-material yang berkualitas baik, awet dan tahan lama serta aman digunakan.

Sumber Gambar : https://daftarharga.biz/wp-content/uploads/2019/03/Fitting-PVC-Rucika.jpeg
Category: Pengetahuan, Perlengkapan RumahTags:
author
Ivesort.com Sebuah Blog Portal Berbagai Informasi yang Anda Butuhkan. Selain itu Blog ini juga menyediakan layanan jasa berupa Jasa Review | Jasa Review Website | Jasa Review Blog | Jasa Review Produk | Content Placement Minat Menggunakan Jasa Blog Ivesort.com ? Silakan kontak melalui Email : lief.azafa@gmail.com | WA : 0855 464 70 800 | FB : Facebook.com/lief.azafa
    No Response

    Leave a reply "4 Cara Memasang Fitting Pipa yang Benar Agar Tidak Mudah Bocor"