10 Hal Penting yang Wajib Diketahui Sebelum Sewa Apartemen

Sewa Apartemen10 Hal Penting Yang Wajib Diketahui Sebelum Sewa Apartemen - Ivesort.com Bila Anda belum mampu membeli apartemen, solusinya adalah dengan menyewa. Meski pindah ke apartemen baru bisa jadi hal menyenangkan, menemukan apartemen tepat untuk disewa bisa jadi tugas berat. Ada beberapa hal yang perlu Anda pertimbangkan sebelum sewa apartemen, seperti berikut ini :

10 Hal Penting Yang Wajib Diketahui Sebelum Sewa Apartemen

1. Siapkan Anggaran

Pertimbangkan berapa banyak dana yang akan Anda keluarkan untuk membayar sewa. Ikuti aturan untuk mengalokasikan tidak lebih dari 30 persen dari pemasukan bulanan Anda. Fokuskan pencarian berdasarkan anggaran Anda, misal anda berniat untuk sewa apartemen di Jakarta Pusat pastikan rata-rata harga sewa di area tersebut sesuai dengan budget yang akan Anda keluarkan perbulannya. Untuk menyiasati anggaran sewa, Anda bisa berbagi apartemen bersama teman, tapi pastikan Anda mengenal baik orang yang akan Anda aja tinggal bersama tersebut.

2. Dimana Mencari Informasi?

Di era informasi seperti sekarang ini Anda bisa mencari informasi sewa apartemen dengan sangat mudah baik di surat kabar maupun internet. Beritahukan teman-teman kalau Anda sedang mencari apartemen, mungkin salah satu dari mereka tahu informasinya.

3. Fasilitas yang Anda Butuhkan

Ambil kertas dan tuliskan daftar keinginan Anda. Apakah Anda ingin apartemen yang tenang dekat dengan kampus atau kantor, yang membolehkan hewan peliharaan, dan tersedia area parkir yang luas? Bagaimana dengan fasilitas laundry dan mesin cuci di unit apartemen?

Anda juga perlu kunjungi lingkungan apartemen beberapa kali di siang hari, malam hari, dan akhir pekan untuk mengetahui suasananya.

4. Apa Saja yang Termasuk dalam Biaya Sewa?

Penting untuk tahu apakah biaya sewa sudah termasuk biaya air, listrik, TV kabel, atau koneksi internet, tapi yang lebih penting adalah tahu berapa rata-rata biaya pengeluaran di apartemen.

5. Baca Sebelum Tanda Tangan

Kesalahan umum yang sering kita lakukan adalah tidak membaca perjanjian sewa sebelum tanda tangan. Minta salinan aturan yang berlaku, pastikan Anda memahami semuanya sebelum menanda-tanganinya, periksa apakah hal berikut disebutkan:

  • Awal dan akhir masa sewa
  • Harga sewa dan informasi tentang security deposit
  • Alsan penyewa bisa mengakhiri perjanjian sewa
  • Penalti karena pindah dari apartemen sebelum masa sewa berakhir
  • Tanggung jawab untuk perbaikan atau semacamnya
  • Aturan tentang tamu yang berkunjung.

6. Masalah Perjanjian Sewa

Pindah ke apartemen merupakan langkah besar jadi Anda perlu pastikan semua aspek. Jangan pernah tanda tangan sebelum melihat apartemen. Juga jangan menanda-tangani perjanjian dengan klausa pembaharuan otomatis, karena Anda tidak tahu apa yang akan terjadi di masa depan. Mungkin Anda berganti pekerjaan di kota lain dan pembaharuan kontrak secara otomatis hanya akan membuat Anda terpaksa membayar lebih bila Anda tidak menghuni apartemen.

Hal selanjutnya yang penting adalah privasi, jangan sampai pemilik apartemen memiliki akses tanpa batas ke apartemen tanpa sepengetahuan Anda. Penyewa memiliki hak dan pemilik hanya boleh masuk ke apartemen tanpa izin ketika dalam kondisi darurat.

7. Memeriksa Kondisi Apartemen

Yang paling penting ketika memeriksa apartemen yang akan Anda sewa bukan hanya melihat yang kelihatan tapi juga yang tersembunyi seperti kerusakan yang membutuhkan perbaikan.
Anda sudah cocok dengan harganya, lokasinya bagus, tapi Anda perlu lihat lagi dimana Anda akan tinggal. Berikut ini beberapa hal yang perlu diperhatikan dengan seksama :

  • Pipa gas, air, atau lainnya. Periksa apakah ada kebocoran
  • Keran air dan shower. Pastikan air lancar keluar dari keran. Flush pada toilet juga harus berfungsi baik.
  • Listrik dan peralatan listrik harus berfungsi baik. Periksa semua lampu atau alat listrik. Juga periksa pendingin udara apakah ada kerusakan.
  • Dinding dan jendela. Periksa jendela apakah bisa dibuka dan ditutup dengan baik. Begitu juga dengan bagian dinding.
  • Tingkat kebisingan. Untuk mahasiswa, suara bising dari luar bisa sangat mengganggu saat belajar. Bila lokasi apartemen di lalu lintas yang padat, Anda akan kesulitan berkonsentrasi dan tidur.

8. Negosiasi Harga

Bila semua berjalan lancar, Anda cocok dengan apartemen yang Anda pilih dan pemilik menyukai Anda, tak ada salahnya sedikit bernegosiasi tentang harga.

9. Kenali Pemilik Apartemen Anda

Anda perlu tahu beberapa informasi dasar tentang pemilik apartemen Anda. Bila pemilik merupakan manajemen perusahaan dengan ribuan apartemen, mungkin akan lebih sulit untuk bernegosiasi, tapi bila pemilik adalah sebuah keluarga dan mereka membutuhkan uang tambahan setiap bulannya, Anda punya kesempatan untuk mendapat harga terbaik.

10. Buat Kesepakatan

Baca perjanjian sewa dengan seksama dan lihat peraturan yang berlaku dan tidak. Bila di perjanjian sewa tercantum poin yang tidak Anda butuhkan, misalnya maid service, Anda bisa minta harga sedikit diturunkan. Atau Anda bisa tawarkan masa sewa lebih lama. Aspek yang sangat penting dalam bernegosiasi adalah bersikap sopan dan tidak memberi ultimatum karena Anda bisa mendapat jawaban negatif.

Sekarang ada cara lebih cepat dan mudah untuk menemukan apartemen yang Anda cari. Anda bisa gunakan Jendela360 untuk temukan apartemen ideal di lingkungan yang Anda inginkan, dengan luas unit serta fasilitas yang Anda cari. Cukup kunjungi website Jendela360 dari gadget Anda.

Category: Content Placement, Jendela360Tags:
author
Ivesort.com Sebuah Blog Portal Berbagai Informasi yang Anda Butuhkan. Selain itu Blog ini juga menyediakan layanan jasa berupa Jasa Review | Jasa Review Website | Jasa Review Blog | Jasa Review Produk | Content Placement Minat Menggunakan Jasa Blog Ivesort.com ? Silakan kontak melalui Email : lief.azafa@gmail.com | WA : 0855 464 70 800 | FB : Facebook.com/lief.azafa
    One Response
    1. author

      Nandar7 months ago

      Terimakasih tipsnya nih mungkin suatu saat mau sewa apartemen

      Reply

    Leave a reply "10 Hal Penting yang Wajib Diketahui Sebelum Sewa Apartemen"