Tiga Kegiatan Prakarya Anak Menggunakan Empat Bahan

0 525

Kegiatan Prakarya AnakTiga Kegiatan Prakarya Anak Menggunakan Empat Bahan – Ivesort.com Menghabiskan waktu bersama anak Anda tentunya akan semakin menjalin ikatan orang tua-anak yang harmonis. Ada banyak cara menghabiskan waktu bersama, misalnya dengan berolah raga, membersihkan rumah, memasak atau membuat kue, dan mengerjakan prakarya. Dari berbagai macam kegiatan di atas, berkreasi bersama menjadi kegiatan yang paling diminati karena selain dapat memanfaatkan barang bekas, kegiatan ini pun memungkinkan Anda mengajari si kecil berpikir secara kreatif dan pantang menyerah dalam melakukan sebuah tugas yang mungkin baginya terasa sulit.

Tiga Kegiatan Prakarya Anak Menggunakan Empat Bahan

Di bawah ini kami berikan beberapa ide prakarya sederhana menggunakan empat bahan saja, yang dijamin akan membuat hubungan Anda dan si buah hati semakin dekat.

1. Membuat Ikan dari Piring Kertas

Bahan-bahan: piring kertas, lem, gunting, pensil warna

  1. Siapkan beberapa buah piring kertas sehingga anak Anda dapat berkreasi sesuai beragam imajinasinya.
  2. Guntinglah 1/8 lingkaran dari piring kertas sehingga membentuk mulut ikan (lihat gambar). Bila dirasa sulit, Anda bisa terlebih dahulu menggambar garis pembagi pada bagian belakang piring kertas tersebut, sehingga tepat menjadi delapan bagian.
  3. Gunakan lem prakarya untuk merekatkan bagian yang dipotong tadi ke sisi kanan piring, di mana mulut ikan terletak. Bagian ini akan menjadi ekor ikan tersebut (sekali lagi lihat gambar). Bila baju anak atau baju Anda tidak sengaja terkena lem, cobalah baca cara menghilangkan bekas lem yang mudah ditemukan di berbagai sumber.
  4. Bimbinglah anak Anda untuk mewarnai ikan tersebut keinginannya, termasuk menggambar mata ikan dengan pensil warna berwarna hitam.

2. Membuat Bingkai Foto dari Kardus Bekas

Bahan-bahan: kardus bekas, gunting, lem, kertas kado

  1. Potong kardus sehingga membentuk bingkai foto sesuai ukuran foto yang diinginkan - biasanya 13cm x 18cm atau 15cm x 20cm. Namun perlu diingat bahwa ukuran tersebut merupakan ukuran foto, sehingga untuk membuat bingkai, Anda perlu menambahkan setidaknya 5cm di setiap sisi. Jadi, jika Anda menginginkan sebuah bingkai untuk foto berukuran 13cm x 18cm, maka ukuran bingkai yang harus Anda potong dari kardus adalah 18cm x 23cm. Bantulah anak Anda menggunting kardus karena mungkin dia akan kesulitan mengingat ketebalan kardus.
  2. Buatlah lubang untuk foto dengan menyisakan jarak 5cm dari setiap sisi kardus yang sudah dipotong tadi. Ukurlah jarak tersebut lalu tandai sehingga menjadi seperti sebuah garis pembatas. Untuk membuat lubang bingkai, Anda dapat membantu anak Anda dengan cara menusukkan ujung gunting ke kardus sehingga memberi celah bagi gunting untuk masuk. Ketika celahnya sudah melebar, anak Anda pun bisa lebih leluasa mengguntingnya.
  3. Menggunakan lem, lapisilah kardus dengan kertas kado. Sebagai ide, Anda bisa saja menggunakan kertas kado dengan tema yang sesuai dengan foto yang akan dibingkai. Misalnya, bila Anda akan membingkai foto anak Anda, maka kertas kado yang digunakan bisa bermotif karakter kartun atau mainan anak-anak.
  4. Untuk membuat bagian belakang bingkai, kembali guntinglah kardus seukuran bingkai yang sudah Anda buat, lalu tempatkan foto di tengahnya. Rekatkan kedua bagian tersebut. Rekatkan pula bagian depan bingkai ke bagian belakang bingkai dengan lem cair atau lem prakarya. Jangan khawatir bila baju Anda atau anak Anda terkena bekas lem karena ada banyak cara menghilangkan bekas lem yang dapat Anda temukan di Internet.

3. Membuat Tempat Penyimpan Alat Tulis dari Botol Minum Bekas

Bahan-bahan: botol minum plastik kemasan 600ml, gunting, cat poster, kuas

  1. Siapkan botol plastik bekas minuman ukuran 600ml. Bentuk botol tidak menjadi masalah, asalkan diameternya cukup besar untuk menyimpan alat-alat tulis.
  2. Bagilah botol minum tersebut menjadi dua bagian dengan cara membelahnya dengan gunting. Anda hanya perlu menggunakan bagian bawah botol. Bila Anda menginginkan tempat alat tulis tersebut menjadi lebih tinggi, maka Anda dapat menggunting 1/3 bagian saja dari atas botol, dan menggunakan 2/3 bagian bawah botol.

Menggunakan cat poster dan kuas, ajak anak Anda mewarnai dan menggambari botol tersebut sesuai warna dan gambar yang ia inginkan. Contohnya, Anda bisa menggambar atau membantu anak menggambar bunga, binatang, bintang, matahari, dan bentuk-bentuk sederhana lainnya. Bila cat poster dirasa terlalu kental, Anda bisa mencampurnya dulu dengan sedikit air sebelum digunakan.

Category: Content Placement, ParentingTags:
author
Ivesort.com Sebuah Blog Portal Berbagai Informasi yang Anda Butuhkan. Selain itu Blog ini juga menyediakan layanan jasa berupa Jasa Review | Jasa Review Website | Jasa Review Blog | Jasa Review Produk | Content Placement Minat Menggunakan Jasa Blog Ivesort.com ? Silakan kontak melalui Email : lief.azafa@gmail.com | WA : 0855 464 70 800 | FB : Facebook.com/lief.azafa
    No Response

    Leave a reply "Tiga Kegiatan Prakarya Anak Menggunakan Empat Bahan"