Sudah Tepatkah Jenis Power Suplay Komputer yang Anda Gunakan?

Power Suplay KomputerSudah Tepatkah Jenis Power Suplay Komputer yang Anda Gunakan? – Ivesort.com Salah satu peralatan komputer yang tak bisa dianggap sepele adalah power supply yang berfungsi untuk menyuplai tegangan dari komponen satu ke komponen lain yang ada pada PC tersebut. Istilah tekniknya disebut power conversion karena bisa mengubah arus listrik bolak balik AC ke arus searah DC. Mengapa harus diubah? Sederhana, perangkat komputer itu bisa dijalankan hanya dengan menggunakan arus DC.

Sudah Tepatkah Jenis Power Suplay Komputer yang Anda Gunakan?

Dilihat dari fungsinya, ada tiga jenis power suplay komputer yang umum digunakan dimana perbedaan masing masingnya berdasarkan konektor penghubung. Adapun ketiga jenis itu adalah SMPS AT, SMPS ATX dan SMPS BTX. Oh ya, mengapa ditulis SMPS karena power supply untuk komputer ini memiliki sebutan khusus atau disebut SMPS (Switching Mode Power Supply).

Kembali ke tiga jenis SMPS yang pertama adalah SMPS AT yang merupakan singkatan dari Advanced Technology. Adapun SMPS ini tergolong sudah tua dimana konektor yang dimiliki berkisar 12pin. Komputer yang memiliki sistem pentium I, atau pentium MMX, Pentium II serta Pentium III menggunakan power supplay yang satu ini.

Jenis kedua adalah Power Supply Jenis ATX yang merupakan singkatan dari Advanced Technology eXtended. Jumlah pin yang ada pada konektor lebih banyak dari jenis pertama yaitu 20pin. Untuk power ini digunakan pada komputer CPU Pentium III, Pentium IV serta CPU AMD.

Jenis ketiga adalah BTX yang merupakan singkatan dari Balanced Technology eXtended dengan konektor yang memiliki pin sebanyak 24. ATX ini banyak digunakan pada komputer sekarang seperti Dual Core, i3, core2duo, i5, AMD model terbaru hingga i7. Jadi, bagi Anda yang hendak memilih power suplay komputer harus mengetahui jenis apa yang cocok agar kestabilan listrik bisa terjaga. Selain itu, mencegah perangkat komputer dari resiko kerusakan seperti berkurangnya arus listrik dan sebagainya.

Tidak dipungkiri, gangguan bisa saja terjadi saat bekerja dengan menggunakan power supplay. Kalau sudah begini jangan panik atau bingung dulu, coba periksa apakah power suplay rusak atau ada faktor lain. Cara mengeceknya mudah kok dan siapa saja bisa melakukannya. Misalnya nih Anda punya konektor ATX yang 20/24 pin.

Pertama, lepas semua konektor yang terhubung dengan komputer kemudian perhatikan kabel berwarna hijau yang biasanya letaknya ada pada urutan keempat. Tancapkan kabel pada pin berwarna hijau terus hubungkan dengan pin berwarna hitam yang ada tepat di sebelahnya. Setelah itu, tancapkan kabel power ke listrik dan lihat apakah kipas pada power supply berputar atau tidak. Jika berputar maka kondisinya bagus, sebaliknya jika tidak maka sudah dapat dipastkan jika power supply dalam keadaan rusak.

Nah, kalau sudah rusak maka mau tidak mau Anda harus membeli yang baru. Saat ini, harga power suplay komputer 600 watt yang dirancang bagi mereka yang suka games berkisar hingga Rp. 700 ribu. Selain anti bising, alat ini mendukung banyak tipe motherboard dan merek sehingga bisa dipakai oleh siapa saja. Selamat memilih!

Category: Pengetahuan, Perlengkapan KomputerTags:
author
Ivesort.com Sebuah Blog Portal Berbagai Informasi yang Anda Butuhkan. Selain itu Blog ini juga menyediakan layanan jasa berupa Jasa Review | Jasa Review Website | Jasa Review Blog | Jasa Review Produk | Content Placement Minat Menggunakan Jasa Blog Ivesort.com ? Silakan kontak melalui Email : lief.azafa@gmail.com | WA : 0855 464 70 800 | FB : Facebook.com/lief.azafa
    No Response

    Leave a reply "Sudah Tepatkah Jenis Power Suplay Komputer yang Anda Gunakan?"