Seni dan Etika Berkomentar di Blog

0 46

Seni dan Etika Berkomentar di BlogSeni dan Etika Berkomentar di Blog – Ivesort.com Seni dan Etika Berkomentar di Blog Kemampuan untuk mengomentari sebuah post merupakan satu aspek yang membuat blogging menjadi sangat menarik. Dengan fitur komentar, sebuah blog berubah dari ‘sekedar‘ media publikasi digital menjadi kanal media sosial dua arah: sebuah mendia conversation. Kemampuan komunikasi dua arah inilah yang membuat blog menjadi lebih atraktif dari sekedar website biasa.

Seni dan Etika Berkomentar di Blog

Within a great power, comes a great responsibility. Within a great feature, comes a great opportunity. Meskipun tidak ada aturan baku tentang komentar – mengomentari sebuah blog post, terdapat beberapa etika dan saran yang akan sangat berguna dalam kegiatan mengomentari sebuah tulisan blog :

Sopan dan Santun

"Perlakukan orang lain sebagaimana anda ingin diperlakukan" -Anonim-

Bersikaplah sopan dalam berkomentar. Bayangkan jika ada seseorang yang mengeluarkan bertindak tidak sopan di rumah anda. Sungguh tidak nyaman kan? Demikian pun dalam berkomentar. Blog adalah wilayah sang pemilik blog. Bersikaplah sopan saat berada di wilayah / ‘rumah’ orang lain. Bahkan jika anda tidak sependapat dengan apa yang ditulis oleh penulis blog, sampaikan lah dengan bahasa yang santun.

Berikan Value pada Komentar Anda

Hindari memberikan komentar sekedarnya. contoh: “nice info, gan” atau “yay, pertamax!” titik. Meskipun tidak ada yang melarang anda berkomentar sekedarnya dan komentar seperti itu tetap menghibur penulis bahwa ada yang memperhatikan tulisan mereka, tapi komentar sekedarnya seperti itu kurang memiliki value. Berikan value kepada komentar anda. Contoh: jika anda menyukai tulisan tersebut, sertakan juga pandangan anda mengenai topik yang diangkat dalam post tersebut. Tindakan ini akan membuat komentar anda lebih bermakna dan lebih menarik untuk ditanggapi.

Sertakan Argumen Anda

Sebuah tulisan blog seringkali memberikan pandangan personal si penulis, dan kita sering kali berbeda pendapat dengannya. Jika anda hendak menyanggah apa yang penulis blog sampaikan, ingat untuk selalu berikan argumen: sertakan alasan mengapa anda memiliki pendapat yang berbeda. Sebuah komentar yang jelas dan beralasan akan menjadi sebuah komentar lebih menarik untuk ditanggapi.

Gunakan Gravatar

Kebanyakan blog menggunakan gravatar sebagai avatar komentarnya. Gravatar membuat komentar menjadi lebih manusiawi karena menunjukan avatar siapa gerangan di balik pemberi komentar, dan membuat komentar anda lebih menarik untuk ditanggapi. Membuat gravatar mudah dan gratis.

Gunakan Nama Asli atau nickname yang Secara Konsisten Anda Gunakan

Tidak ada yang melarang anda untuk anonim dalam berkomentar, tapi mencantumkan nama menunjukkan siapa yang berkomentar dan hal itu sama dengan menunjukkan siapa yang bertanggung jawab atas komentar yang diberikan. Sama seperti poin gravatar diatas, mencantumkan nama asli membuat komentar anda lebih manusiawi. Komentar mengomentari itu seperti berdialog. Lebih enak berdialog kepada Fikri atau kepada F1k121?

Cantumkan Link ke Website Anda

Umumnya fitur komentar memiliki 4 kolom untuk diisi: kolom nama, alamat email (untuk verifikasi dan memastikan bahwa anda bukan bot spam), alamat website dan konten komentar anda. Umumnya, kolom alamat website tidak wajib untuk diisi, namun akan lebih baik jika anda mengisi kolom ini. Bagaimana jika anda tidak memiliki alamat website / blog? Sertakan saja alamat link menuju akun social media seperti twitter anda. Hal ini memudahkan pemilik blog jika mereka menemukan komentar anda menarik dan ingin mengetahui lebih banyak mengenai anda.

Miliki Akun dan Profile Berbagai Third Party Commenting System

Banyak blog yang mulai menggunakan commenting system pihak ketiga seperti Disqus dan IntenseDebate. Umumnya commenting system ini menyediakan profile untuk usernya. Jadi setiap komentar anda akan diagregasi ke profile anda. Hal ini akan membuat anda lebih mudah dikenali oleh komentator lain / pemilik situs yang anda komentari.

Itu dia seni dan etika berkomentar yang saya ketahui. Ada yang mau menambahkan, mengoreksi, atau memberi masukan? Feel free to comment.

Category: BloggerTags:
author
Ivesort.com Sebuah Blog Portal Berbagai Informasi yang Anda Butuhkan. Selain itu Blog ini juga menyediakan layanan jasa berupa Jasa Review | Jasa Review Website | Jasa Review Blog | Jasa Review Produk | Content Placement Minat Menggunakan Jasa Blog Ivesort.com ? Silakan kontak melalui Email : lief.azafa@gmail.com | WA : 0855 464 70 800 | FB : Facebook.com/lief.azafa
    No Response

    Leave a reply "Seni dan Etika Berkomentar di Blog"