Sejarah Indonesia : Kerajaan Majapahit

0 571

Sejarah Kerajaan MajapahitSejarah Indonesia : Kerajaan Majapahit - Kerajaan Majapahit ialah kerajaan dengan luas wilayah yang terbesar pada indonesia selain Kerajaan Sriwijaya. Pada kali ini saya akan mencoba membahas tentang sejarah kerajaan ini secara detail serta lengkap.

Majapahit menguasai kerajaan-kerajaan lainnya pada Semenanjung Malaya, Borneo, Sumatera, Bali, dan  Filipina. Sumber paling utama yang menjadi patokan hingga saat ini dan juga yang dipergunakan sang para sejarawan buat pertanda keberadaan Majapahit adalah Pararaton (“buku Raja-Raja”) dalam bahasa Kawi serta Nagarakertagama atau dalam bahasa Jawa antik. Pararaton banyak menceritakan tentang Ken Arok (pendiri Kerajaan Singasari) tetapi pula memuat beberapa bagian pendek mengenai terbentuknya Majapahit. Ada interim itu, Nagarakertagama artinya puisi Jawa kuno yg ditulis di masa keemasan Majapahit di bawah pemerintahan Hayam Wuruk. Selain itu, terdapat beberapa prasasti pada bahasa Jawa kuno juga catatan sejarah dari negeri Tiongkok dan  negara-negara lain.

Berdirinya Kerajaan Majapahit

Dari mula berdirinya Kerajaan Majapahit yakni adanya serangan asal Jayakatwang (Adipati Kediri) yang berhasil membunuh Kertanegara (penguasa Kerajaan Singasari terakhir) dampak menolak pembayaran upeti. Lalu Raden Wijaya (menantu Kertanegara) berhasil melarikan diri ke Madura untuk meminta proteksi pada Aryawiraraja. Raden Wijaya diberikan hutan Tarik oleh Aryawiraraja sebagai wilayah kekuasaanya lalu dijadikan desa baru yg diberi nama “Majapahit”.

Masa Kejayaan Kerajaan Majapahit

Hayam Wuruk, juga diklaim menjadi Rajasanagara. Ia merupakan raja yang memerintah Majapahit di tahun 1350-1389 M. Majapahit hingga mencapai puncak  kejayaannya menggunakan bantuan dari Mahapatihnya, yang bernama patih Gadjah Mada. Pada bawah perintah Gadjah Mada (1313-1364 M), Majapahit menguasai Iebih luas dan banyak wilayah. Pada tahun 1377 M, beberapa tahun selesainya kematian Gadjah Mada, Majapahit melancarkan agresi bahari ke Palembang, mengakibatkan runtuhnya sisa -sisa  kerajaan Sriwijaya. Selain Gadjah Mada, Majapahit jua mempunyai jendral yg juga terkenal bernama Adityawarman.

Masa Keruntuhan Kerajaan Majapahit

Runtuhnya Kerajaan Majapahit dampak terjadi perang saudara yang terjadi antara Wirabhumi melawan Wikramawardhana pada tahun tahun 1405-1406 M. Selain itu, juga karena adanya pergantian raja yg sebagai perdebatan pada tahun 1450-an dan  terjadi pemberontakan akbar dan besaran pada tahun1468 M oleh seorang bangsawan. Kerajaan Majapahit mengalami kemunduran pada akhir abad ke-14 dan  awal abad ke-15. Sayang sekali kerajaan sebesar itu harus mengalami masa kemunduran atau masa keruntuhan.

Category: PengetahuanTags:
author
Ivesort.com Sebuah Blog Portal Berbagai Informasi yang Anda Butuhkan. Selain itu Blog ini juga menyediakan layanan jasa berupa Jasa Review | Jasa Review Website | Jasa Review Blog | Jasa Review Produk | Content Placement Minat Menggunakan Jasa Blog Ivesort.com ? Silakan kontak melalui Email : lief.azafa@gmail.com | WA : 085 736 329 737 | FB : Facebook.com/lief.azafa
    No Response

    Leave a reply "Sejarah Indonesia : Kerajaan Majapahit"