Cara Mengatasi Masalah Keuangan Rumah Tangga

0 185

Cara Mengatasi Masalah Keuangan Rumah TanggaCara Mengatasi Masalah Keuangan Rumah Tangga - Ivesort.com Keuangan merupakan hal yang sangat krusial bagi kehidupan manusia. Setiap harinya manusia akan dihadapkan dengan berbagai macam kebutuhan yang erat kaitannya dengan masalah keuangan. Hal ini juga akan dihadapi terutama oleh orang yang telah berumah tangga. Tidak jarang masalah keuangan menjadi penyebab pertengkaran dalam rumah tangga, apalagi bagi Anda para pengantin baru, hendaknya sejak dini memertimbangkan beberapa aspek terutama keuangan sambil mendiskusikannya dengan pasangan Anda sebelum Anda membina rumah tangga.

Sebelum benar-benar melewati biduk rumah tangga berdua dengan pasangan, tidak ada salahnya sesekali berdiskusi mengenai bagaimana mengatur keuangan rumah tangga nantinya. Buatlah kesepakatan mengenai keuangan yang dapat saling menguntungkan kedua belah pihak, demi terciptanya kehidupan rumah tangga yang harmonis.

keuangan rumah tangga

Kesepakatan-kesepakatan yang bisa dilakukan misalnya siapa yang bertanggungjawab memegang kendali keuangan, bagaimana pembagian uang gaji masing-masing, berapa uang yang harus disisihkan untuk ditabung, bagaimana pembagian uang untuk pembayaran tagihan seperti listrik, air, telepon hingga biaya pendidikan anak. Hal-hal semacam itu tentu harus dipertimbangkan dan dipikirkan bersama. Selain melakukan diskusi, Anda bisa mempertimbangkan 7 cara mengatasi masalah keuangan berikut ini agar kehidupan rumah tangga berjalan dengan baik.

7 Cara Mengatasi Masalah Keuangan Rumah Tangga

Menjalani kehidupan berumahtangga bukanlah perkara yang mudah, ada dua kepala yang harus disatukan. Perbedaan pendapat dapat memincu terjadinya friksi yang dapat menguras emosi. Biasanya soal keuangan menjadi isu utama yang menyebabkan perdepatan antara suami dan istri. Coba lakukan 7 tips berikut ini untuk mengatasi masalah keuangan dalam keluarga Anda.

1. Terbuka dengan Pasangan

Hal pertama yang dilakukan untuk meminimalisir kesalahpahaman dalam rumah tangga yaitu bersikaplah terbuka pada pasangan Anda mengenai berbagai masalah yang sedang dihadapi, salah satunya adalah masalah keuangan. Selalu diskusikan masalah-masalah keuangan seperti pengeluaran, pemasukan maupun tabungan. Misalnya ketika salah satu pasangan ingin membeli sesuatu barang yang mungkin sedikit agak mahal yang tidak direncanakan, maka ini perlu didiskusikan terlebih dahulu karena bisa jadi dengan membeli barang yang mahal, akan menggeser anggaran pengeluaran lainnya yang sudah direncanakan. Atau jika salah satu ingin mengajukan pinjaman uang ke pihak tertentu, maka hal itu juga perlu dibicarakan secara terbuka, jangan sampai ketika memiliki hutang, pasangan tidak mengetahuinya.

2. Tentukan Tujuan Jangka Panjang

Setelah berumah tangga, Anda juga harus bijak menyikapi segala kebutuhan di masa depan. Terutama hal-hal yang kelak akan membutuhkan dana besar, misalnya biaya pendidikan anak, liburan ataupun ketika Anda dan pasangan Anda berencana membeli barang untuk investasi jangka panjang seperti tanah, rumah ataupun logam mulia. Dengan menentukan rencana masa depan sejak dini, Anda dan pasangan akan dapat memersiapkan dan menyimpan uang jauh-jauh hari dan tak kualahan apabila saat dibutuhkan tiba.

3. Menabung

Menabung merupakan teknik keuangan yang perlu Anda lakukan untuk mengumpulkan uang sedikit demi sedikit yang nantinya bisa digunakan jika suatu saat ada kebutuhan mendesak dan membutuhkan uang cukup besar. Anda tidak harus menabung banyak uang di bank. Sediakan saja tempat uang sebagai tabungan kecil di rumah, yang bisa Anda isi secara konsisten setiap minggu atau bulan. Lebih baik lagi jika menabung ini bisa Anda ajarkan kepada anak-anak sejak dini.

4. Membuat Anggaran Belanja

Membuat anggaran belanja di awal bulan, tidak ada salahnya dilakukan jika Anda ingin pengeluaran Anda tidak boros. Hal ini akan mengendalikan pengeluaran yang kadang tidak dibutuhkan, dengan,begitu Anda bisa memperkirakan kecukupan pemasukan dengan pengeluaran yang telah dibuat. Anda pun juga perlu menerapkan skala prioritas, mana pengeluaran yang merupakan kebutuhan pokok mana yang hanya sekedar keinginan. Prioritaskan hal-hal yang penting untuk didahulukan pembayarannya seperti membayar berbagai tagihan, biaya pendidikan, pajak dan lain sebagainya, dengan begitu Anda akan dapat memperkirakan apakah Anda terlalu boros atau hemat.

5. Rapat Keuangan

Meskipun namanya rapat, namun Anda tidak perlu melakukannya terlaluk formal dengan pasangan. Anda hanya perlu menyatur waktu yang tepat untuk sekedar membicarakan masalah keuangan. Hal ini bisa dilakukan setiap minggu atau bulan, bisa tergantung situasi dan kondisi. Pada kesempatan ini, Anda dan pasangan perlu membicarakan mengenai rencana-rencana keuangan yang akan dilakukan serta perkiraan-perkiraan pengeluaran yang mungkin terjadi di masa depan. Bicarakan pula jika Anda memiliki keinginan untuk membeli sesuatu agar pasangan Anda mengetahui keinginan Anda dan dapat mempertimbangkannya bersama-sama.

6. Sisihkan Uang untuk Senang-Senang

Bagi Anda yang sehari-harinya disibukkan dengan aktivitas bekerja, tidak ada salahnya jika Anda menyisihkan sebagian uang untuk sekedar bersenang dengan keluarga. Anggap saja momen bersenang-senang ini sebagai reward atas kerja keras Anda dan pasangan. Sisihkan beberapa uang agar bisa digunakan untuk berlibur tanpa mengganggu anggaran belanja yang lain. Hal ini juga efektif untuk mengajarkan anak bagaimana menabung dan mengatur keuangan sendiri. Iming-iming berlibur akan membuat anak bersemangat dalam menabung dan mengumpulkan uang jajannya agar bisa membeli tiket liburan ke tempat yang sudah direncanakan. Dengan begitu anak akan mengerti bahwa untuk mendapatkan apa yang dia mau, dia harus berusaha terlebih dahulu,

7. Bekerja Sama Mengatur Keuangan

Sebagai pasangan yang telah membina rumah tangga, sudah pasti segala permasalahan akan ditanggung dan dipecahkan bersama-sama. Pastikan Anda dan pasangan Anda bekerjasama dalam mengatur keuangan. Mengatasi masalah keuangan berdua akan lebih mudah dari pada hanya ditanggung dan dipikirkan sendiri oleh masing-masing pihak. Namun dalam bekerjasama ini jangan sampai ada pihak yang terlalu mendominasi atau malah pasif alias cuek jika berkaitan dengan segala pengeluaran dan pemasukan. Kedua belah pihak harus mendapat porsi yang adil dan sesuai dengan kebutuhannya, meskipun pendapatan hanya berasal dari satu atau dua belah pihak.

Demikian 7 cara yang bisa Anda lakukan untuk mengatasi masalah keuangan dalam rumah tangga. Namun bagi Anda yang memiliki masalah keuangan dan berencana mengajukan pinjaman uang kepada pihak luar, tidak ada salahnya Anda mencoba mengajukan pinjaman uang secara online melalui situs Monily pinjaman online. Namun yang perlu Anda pahami, Monily hanyalah pencari penyedia pinjaman online dan bukan pemberi pinjaman online, jadi segala informasi kebijakan dan syarat pinjaman dapat Anda temukan pada website pemberi pinjaman yang nanti websitenya akan disediakan oleh Monily. Jika pengajuan pinjaman Anda disetujui Anda akan langsung dialihkan pada website pemberi pinjaman, kemudian Anda akan mendapatkan email konfirmasi sekaligus informasi mengenai langkah-langkah selanjutnya yang harus ditempuh untuk menyelesaikan pinjaman Anda.

Website lain yang bisa Anda kunjungi adalah Pinjaman24.id. website ini adalah layanan perbandingan yang memungkinkan calon peminjam membandingkan produk keuangan, tujuannya yaitu memberikan format sederhana bagi peminjam uang online untuk mempertimbangkan kemana pinjaman akan diajukan. Jika kebutuhan dana begitu mendesak, Anda bisa mengandalkannya untuk mendapatkan pinjaman uang dalam tempo1 x 24 jam. Hebatnya lagi, situs Pinjaman24 tidak mensyaratkan jaminan apapun untuk Anda yang ingin meminjam uang.

Category: Content Placement, PengetahuanTags:
author
Ivesort.com Sebuah Blog Portal Berbagai Informasi yang Anda Butuhkan. Selain itu Blog ini juga menyediakan layanan jasa berupa Jasa Review | Jasa Review Website | Jasa Review Blog | Jasa Review Produk | Content Placement Minat Menggunakan Jasa Blog Ivesort.com ? Silakan kontak melalui Email : lief.azafa@gmail.com | WA : 085 736 329 737 | FB : Facebook.com/lief.azafa
    No Response

    Leave a reply "Cara Mengatasi Masalah Keuangan Rumah Tangga"