7 Daerah Penghasil Kopi Luwak Terbesar di Indonesia

0 443

Kopi Luwak7 Daerah Penghasil Kopi Luwak Terbesar di Indonesia – Rizkyzone.com Anda suka ngopi? Jika, iya pastilah tahu dengan yang namanya kopi luwak. Kopi luwak terkenal sebagai kopi ternikmat di dunia. Anda tak bisa merasakan rasanya dalam secangkir kopi biasa apalagi dalam segelas kopi luwak sachetan bila belum mencobanya sendiri.

7 Daerah Penghasil Kopi Luwak Terbesar di Indonesia

Nah, untuk mencobanya, Anda harus merogoh kocek cukup dalam. Sebab, harganya sangat mahal. Satu kilogram kopi luwak dihargai satu jutaan. Itu belum diseduh, ya! Bila Anda mencicipinya di kafe luar negeri seperti Amerika, mungkin harganya jauh lebih tinggi. Bagaimana, mau merasakan kopi luwak yang asli? Anda bisa mengunjungi 7 daerah ini, ya!

1. Gayo

Gayo, berada di Provinsi Aceh. Kopi di sini merupakan kopi yang sangat terkenal, terutama pada daerah Aceh Tengah dan Bener Meriah. Area kebun kopi di daerah ini mencapai 95 ribu hektar. Bila panen, Anda akan menemui banyak kopi yang dijemur di jalanan. Sebab luas yang besar inilah, daerah ini juga jadi daerah penghasil kopi luwak terbesar di Indonesia.

2. Sidikalang

Berikutnya ada Sidikalang. Tempat ini berada di Kabupaten Dairi yang memiliki ketinggian 1.066 mdpl yang membuat kopinya tumbuh dengan kualitas sangat baik. Oleh sebab luwak hanya memakan biji kopi terbaik, daerah ini juga menjadi penghasil kopi luwak terbesar di Indonesia. Kopi di sini memiliki kualitas terbaik, tak hanya kopi luwak, tapi juga robusta.

3. Lampung

Berikutnya ada Lampung. Kopi dari daerah ini selalu diekspor ke luar negeri karena kualitasnya yang sangat baik. Termasuk kopi luwaknya. Di Lampung, kebun kopi tersebar di daerah Lampung Tengah, Lampung Barat dan daerah Tanggamus. Salah satu desa yang paling terkenal dengan kualitas kopi terbaiknya adalah Desa Karangrejo.

4. Priangan

Berikutnya datang dari Pulau Jawa, yakni daerah Priangan, Jawa Barat. Daerah ini sudah menjadi perkebunan kopi sejak 2 abad yang lalu saat kolonial Belanda masih berkuasa. Selain kopi luwak, salah satu kopi andalan dari daerah ini adalah Java Preanger. Rasa kopi dari daerah ini tak usah Anda ragukan lagi.

5. Ambarawa

Lalu, di Jawa Tengah, tepatnya di daerah Ambarawa. Perkebunan kopi di daerah ini dikelola sangat baik sehingga menghasilkan kopi dengan kualitas terbaik pula. Salah satu desa yang paling terkenal dengan beragam jenis kopinya, termasuk kopi luwak adalah Kampung Kopi Banaran.

6. Bondowoso

Kali ini dari daerah Jawa Timur. Tepatnya di Bondowoso. Perkebunan teh di sini dikelola oleh Perhutani dan berada berdekatan dengan Kawah Ijen. Perkebunan kopi di kota ini memiliki luas 4000 hektar. Pembuatan kopi di sini menggunakan proses yang sudah canggih untuk kopi robustanya. Tapi, untuk kopi luwak, masih menggunakan cara biasa.

7. Kintamani

Lalu, Pulau Bali. Tepatnya di daerah Kintamani. Kopi di sini diolah dengan cara yang tradisional. Baik itu kopi luwak ataupun bukan. Kopinya dibakar dengan menggunakan tungku api dan kayu bakar. Selain kopi luwak, di tempat ini juga ada produksi rumahan kopi dengan aroma terapi yang bisa Anda coba dan bawa pulang.

Itulah beberapa tempat di Indonesia yang menghasilkan beragam jenis kopi, termasuk kopi luwak dengan kualitas terbaik dan terbesar. Anda bisa mencoba datang langsung ke tempat ini untuk mencicipi kopi luwaknya. Jika tidak, jangan mengaku sebagai pecinta kopi luwak, ya! Terlebih bila Anda hanya mencoba dari kopi luwak sachet-an saja.

Category: Content Placement, PengetahuanTags:
author
Ivesort.com Sebuah Blog Portal Berbagai Informasi yang Anda Butuhkan. Selain itu Blog ini juga menyediakan layanan jasa berupa Jasa Review | Jasa Review Website | Jasa Review Blog | Jasa Review Produk | Content Placement Minat Menggunakan Jasa Blog Ivesort.com ? Silakan kontak melalui Email : lief.azafa@gmail.com | WA : 0855 464 70 800 | FB : Facebook.com/lief.azafa
    No Response

    Leave a reply "7 Daerah Penghasil Kopi Luwak Terbesar di Indonesia"